Pola Hidup Sehat Dalam Mengurangi Hipertensi Dan Diabetes Di Cengkareng

Healthy Lifestyle in Reducing Hypertension and Diabetes in Cengkareng

  • Yeni Koto STIKES Indonesia Maju
  • Agus Purnama STIKES Indonesia Maju
  • Jumari Jumari STIKES Indonesia Maju
Keywords: diabetes melllitus, hipertensi, pola hidup sehat

Abstract

Permasalahan yang terjadi di Kelurahan Cengkareng Barat RW 09 dan RW 10 yaitu masih tingginya angka kejadian diabetes mellitus, kolesterol, hipertensi, dan asam urat, masih perlunya warga ini mendapatkan pengetahuan mengenai diabetes mellitus, kolesterol, hipertensi, dan asam urat. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan untuk menambahkan pengetahuan warga dan dapat mengobati hipertensi dengan menggunakan bahan yang mudah, yaitu mentimun. Metode pelaksanaan yang dilakukan kegiatan ini adalah melakukan penyuluhan, pengecekan gula darah dan pengukuran tekanan darah serta pembuatan jus mentimun. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan warga mengenai hipertensi, diabetes mellitus serta dapat membuat jus mentimun secara mandiri dan senam sehat secara berkala di llingkungan masyarakat. Masih perlunya kesadaran warga untuk mengecek sendiri tekanan darah dan gula darah. Saran supaya warga lebih peduli terhadap gaya hidup sehat, lingkungan yang sehat, serta pengecekan kesehatan secara berkala.

References

Budiman, dkk. Hubungan Dislipidemia, Hipertensi dan Diabetes Mellitus dengan Kejadian Infark Miokard Akut. Cimahi:JKMA. 2015; 33.

Robert. Penatalaksanaan Penyakit Jantung Koroner. Jakarta: EGC. 2009.

Sarwono, Sarlito. Psikologi Sosial, Jakarta: Salemba Humanika. 2012.

Fibrila, Firda. Hubungan usia anak, jenis kelamin dan berat badan lahir dengan kejadian ISPA. Lampung: Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai. Vol VIII No 2. 2015.

“Mau Bibit Gratis dari Kementerian Lingkungan Hidup? Ini Caranya! ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Bibit Gratis dari Kementerian Lingkungan Hidup? Ini Caranya!",htps://www.kompas.com/tren/read/2019/09/09/131453265/mau-bibit-gratis-dari-kementerian-lingkungan-hidup-ini-caranya?page=all.

Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta. 2005.

Ririn Ari Karinda. Pengaruh Senam Sehat Diabetes Mellitus Terhadap Profil Lipid Klien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Patrang Kabupaten Jember. Skripsi. Universitas Jember: Jember. 2013.

Guyton & Hall. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi 11. Alih bahasa oleh Irawati, Jakarta : EGC. 2007.

Yuniar, Dian. dkk. Kadar Gula Darah dan Senam Sehat Diabetes Mellitus. Kendari. Politeknik Kesehatan Kendari. 2017.

Decroli, Eva. Diabetes Melitus Tipe 2. Padang: Pusat Penerbitan Bagian Ilmu Penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. 2019.

Anonimous. Mengendalikan hipertensi untuk mencegah komplikasi. Tersedia di http://www.prodia.id/.

Semple, Peter. Tekanan darah tinggi. Arcan. Jakarta. 1991.

“Turunkan Hipertensi dengan Makan Timun, Efektifkah?”. klikdokter.com. 18 Maret 2019. <https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3627604/turunkan-hipertensi-dengan-makan-timun-efektifkah>

Khomsan, Ali. Pangan dan gizi untuk kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003.

Astawan, Made. Cegah hipertensi dengan Pola Makan. 2002. Tersedia di www.depkes.go.id16.Astuti, Astuti, and Agus Purnama. "Pengaruh Membaca Al-Quran terhadap Kadar Glukosa Darah pada Pasien Diabetes Melitus di RSUD Cengkareng Tahun 2018." Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia 9.02 (2019): 577-584.

Purnama, Agus, and Nonita Sari. "Aktivitas Fisik dan Hubungannya dengan Kejadian Diabetes Mellitus." Window of Health: Jurnal Kesehatan (2019): 368-381.

Ashfahani S. Implementasi Keterbukaan dan Dukungan dalam Komunikasi Antarpribadi (Studi Komunikasi Pimpinan dan Karyawan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju). Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA. 2019 Aug 30;11(01):187-95.

Published
2020-04-30