Kegiatan Pengecekkan Gula Darah, Asam Urat, Golongan Darah, Dan Senam Bersama Pada Warga Srengseng Sawah

Blood Sugar, Uric Acid, Blood Type Checking Activities, and Group Exercise for Srengseng Sawah Residents

  • Agus Purnama STIKes Indonesia Maju
  • Emi Yuliza STIKes Indonesia Maju
  • Eka Rokhmiati STIKes Indonesia Maju

Abstract

Dalam kegiatan praktik komunitas di RW 04 Srengseng Sawah telah dilakukan pendataan di masyarakat dan mendapatkan hasil analisis dimana banyak penyakit terbanyak Hipertensi, Asam Urat dan Diabetes Melitus/ Gula darah. Ada sebagian besar warga RW 04 banyak belum mengetahui Golongan darah. Tim Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indoensia Maju (STIKIM) dengan masyarakat setempat sudah menyepakati untuk melakukan pengecekan asam urat, gula darah, golongan darah dan senam. Acara tersebut dapat diikuti oleh masyarakat RW. 04 Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dan untuk mencapai tujuan yang diingini terkait dengan banyaknya masyarakat di RW.04 yang terdiagnosa penyakitterbanyak yakni Hipertensi, Asam Urat dan Diabetes Melitus/Gula darah dan belum mengetahui golongan darah, maka solusi yang kami tawarkan dan sudah disepakat dengan pemuka masyarakat di daerah tersebut adalah membuat acara pengecekan asam urat, gula darah, golongan darah dan senam bersama secara gratis bagi masyarakat RW 04 dan Senam bersama, langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pengabdian ini adalah dengan melakukan pengecekan asam urat, gula darah, golongan darah secara gratis bagi masyarakat dan Senam bersama. Diharapkan dari hasil pengecekan asam urat, gula darah, golongan darah dan senam bersama ini diperoleh data - data yang terkait dengan kesehatan.

References

Dinas komunikasi, Informatika dan Statistik Pemprov DKI Jakarta. Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta di akses melalui http://jakarta.go.id. 2019.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 10 Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga. 2017.

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan No. 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan JKN Jakarta. 2013.

Soekidjo Notoatmodjo, Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset Yogyakarta. 1993.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. Semester I. Diakses dari website www.depkes.go.id

Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (2010). Petunjuk Pelaksanaan Senam Diabetes Mellitus, Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta. 2005.

Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. (2016). Situasi Lanjut Usia (Lansia) di Indonesia : 29 Mei Hari lanjut Usia. Kementrian Kesehatan RI

Kementrian Kesehatan RI. Panduan Pembinaan dan Penilaian Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. 2011.

Departemen Kesehatan, RI. RisetKesehatan Dasar (RISKESDAS 2013).Jakarta: Departemen Kesehatan. 2013.

Marlina, R. L. Analisis ManajemenPromosi Kesehatan Dalam PenerapanPerilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS) Tatanan Rumah Tangga di KotaPadang Tahun 2011.Padang. UniversitasAndalas. 2011.

Pramono, M. Peningkatan Pengetahuan tentang PHBS dan Penyakit Menular Melalui Teknik KIE Berupa Permainan Elektronik. Jurnal Buletin Penelitian Sistem Kesehatan 2011.Vol-14, No.4: 311-319

Kementrian Kesehatan RI, Pemberdayaan Masyarakat dan Promosi Kesehatan untuk Hidup Sehat, Jakarta: Kemenkes RI. 2010.14.Atikah Proverawati dan Eni Rahmawati.Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Yogyakarta: Nuha Medika. 2012.

Kementrian Kesehatan RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia 2014.16.Proverawati, A dan Rahmawati, E. 2012.PHBS Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.Yogyakarta: Nuha Medika.

Permendikbud 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.Maryunani, A. 2013.Perilaku Hidup Bersihdan Sehat.Jakarta:CV Trans Info Media.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Ed Rev. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Kementrian Kesehatan RI. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kemenkes. 2011.

Purnama, Agus, and Nonita Sari. "Aktivitas Fisik dan Hubungannya dengan Kejadian Diabetes Mellitus." Window of Health: Jurnal Kesehatan (2019): 368-381.

Published
2020-04-30