Pentingnya Kualitas Pelayanan Makanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap

  • Silviyana Sholeha STIKES PERTAMEDIKA JAKARTA
  • Kusindrati Kusindrati
  • Rani Rahmasari Tanuwijaya STIKES Pertamedika Jakarta
  • Ragil Marini STIKES PERTAMEDIKA JAKARTA
Keywords: pelayanan makanan, kualitas makanan, kepuasan pasien

Abstract

Latar belakang: Keberhasilan suatu penyelenggaraan makanan dapat dilihat dari kepuasan pasien terhadap kualitas makanan. Pelayanan Makanan meliputi kebersihan alat makan, kesesuaian alat makan, ketepatan waktu makanan, variasi menu makan dan sikap penyaji makanan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas makanan dengan kepuasan pasien rawat inap kebidanan di RS Muhammadiyah Taman Puring Jakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan 44 responden pada bulan September – Desember 2018. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Data kualitas makanan dan kepuasan pasien diambil menggunakan kuesioner. Hasil: Hasil uji bivariat menggunakan chi-square menunjukkan hasil nilai p-value: 0,001 (p>0,05). Simpulan: terdapat hubungan signifikan antara kualitas pelayanan makanan dengan kepuasan pasien rawat inap kebidanan di RS Muhammadiyah Taman Puring Jakarta

Published
2020-08-11