Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya bagi Kinerja Karyawan Klinik

  • Deswara Deswara Universitas Pasundan
  • Yusuf Arifin Universitas Pasundan
Keywords: Kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, kinerja karyawan, klinik layanan primer, Motivasi

Abstract

Kepemimpinan transformasional dan motivasi merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja. Kepuasan kerja akan berdampak pada kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi terhadap kepuasan kerja serta dampaknya bagi kinerja karyawan kontrak nonmedis di klinik layanan primer. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan analisis jalur. Analisis jalur digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat dan pengaruh langsung maupun tidak langsung dari beberapa variabel. Subjek penelitian adalah seluruh karyawan kontrak nonmedis pada salah satu klinik layanan primer di Cimahi, Jawa Barat, yang berjumlah 22 subjek. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner, observasi, dan wawancara pada bulan September 2014. Data penelitian diuji secara statistik menggunakan uji korelasi dan uji regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, motivasi, kepuasan kerja, dan kinerja mendapat penilaian baik. Kepemimpinan tranformasional memiliki pengaruh langsung yang lebih besar terhadap kepuasan kerja karyawan kontrak nonmedis. Selanjutnya, kepuasan kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan kontrak nonmedis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada manajemen klinik agar dapat meningkatkan kepuasan kerja yang berdampak pada kinerja karyawan kontrak nonmedis.

Published
2019-12-04

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.