Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Penyajian Makanan Biasa Di Rumah Sakit Umum Puri Raharja Denpasar

Main Article Content

M Rizal Permadi

Abstract

Pendahuluan : Kepuasan merupakan salah satu aspek penilaian terhadap mutu pelayanan kesehatan yang mempunyai arti penting bagi masyarakat konsumen dalam menentukan prilaku kesehatan berikutnya. Walaupun penilaian ini belum dapat sepenuhnya menggambarkan bermutu tidaknya pelayanan dalam bidang kesehatan, tetapi mampu menunjukkan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan.


Tujuan:


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap penyajian makanan biasa di Rumah Sakit Puri Raharja Denpasar.


Metode:


Desain penelitian adalah cross sectional. Subjek penelitian yaitu pasien yang baru mendapatkan makanan biasa, serta tidak mengalami perubahan makanan yang diberikan selama minimal dua hari berturut – turut, laki – laki maupun perempuan yang berumur 18 – 55 tahun dan mampu berkomunikasi, pasien dalam keadaan sadar, dan bersedia menjadi subjek penelitian dengan mengisi form informed concernt. Berdasarkan perhitungan besar subjek maka subjek dalam penelitian ini berjumlah 54 orang


Hasil :


Tingkat kepuasan pasien terhadap penyajian makanan biasa di Rumah Sakit Puri Raharja Denpasar mencapai 88,4%.Terdapat tujuh faktor yang menentukan tingkat kepuasan.


Kesimpulan :


Ketujuh faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap penyajian makanan biasa  telah dilaksanakan dengan baik oleh pihak Rumah Sakit Puri Raharja. Terdapat tiga faktor yang perlu diperbaiki. Instalasi gizi diharapkan dengan membuat variasi resep agar aroma makanan menjadi lebih meningkat dan  melibatkan Ahli Gizi untuk mendampingi penyaji dalam menyajikan makanan ke pasien.


Kata kunci: tingkat kepuasan, faktor yang mempengaruhi kepuasan

Article Details

Section
Articles

References

1. Moehji, S. 2003. Ilmu Gizi Penanggulangan Gizi Buruk. Jakarta : Papas Sinar Sinanti
2. Direktorat Gizi Masyarakat. 2003. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia
3. Supranto.2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta
4. Nopiani, 2011. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Tentang Kinerja Ahli Gizi di Ruangan RSUP Sanglah. Denpasar : Poltekkes Denpasar Jurusan Gizi
5. Eshter, 2010. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Penyajian Menu Diet DM di RSUP Sanglah. Denpasar : Poltekkes Denpasar Jurusan Gizi
6. Kuswandari.,dkk., Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Laboratorium Rumah Sakit Medik Dasar Hidayah Sukoharjo.,(online), available:http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=66537&idc=8,
7. Sudibyo., Tingkat Kepuasan Peserta Gakin Di Unit Rawat Jalan Departemen Ilmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo.,(online),available: http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=1719&idc=24
8. Hendro,2004. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Swakelola Dempo Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang., (online), available: http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=2628&idc=28,
9. Sulastiyono, A.1999.Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung : Alfabeta
10. Puji Hastuti, dkk., Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Pavilyun Dr. Imam Sudjudi RSPAD Gatot Soebroto., (online),available:http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=71489&idc=28
11. Nugroho, A., Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Kamar Rawat Inap Kelas 2 Pada Rumah Sakit Islam Jakarta., (online), available:http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=76298&idc=0