Gambaran Deskriptif Usaha Modern J.CO Donuts Dengan Usaha Tradisional Donut Homemade Naurah Store Frozen Food

Main Article Content

Nur Azizah May Astuti

Abstract

Pendahuluan: J.CO Donuts merupakan salah satu contoh waralaba lokal yang telah berhasil bertahan dalam persaingan bisnis restoran di Indonesia, khususnya pada sektor donat. Usaha rumahan adalah jenis bisnis apapun yang dimana lokasinya bertempat di rumah pemilik bisnis, contohnya seperti bisnis Naurah Store Frozen Food.


Tujuan : bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis letak perbedaan antara manajemen usaha modern di J.CO Donuts dengan usaha tradisional di Naurah Store Frozen Food.


Metode: Menggunakan analisa deskriptif.


Hasil: Kesimpulan:  Menunjukkan bisnis usaha J.CO Donuts bergerak dalam bidang makanan di Indonesia khususnya pada sektor donat.  J.CO Donuts memiliki  topping dan isian bermacam-macam serta tampilannya yang menarik. Sedangkan usaha Naurah Store Frozen Food bergerak dalam usaha rumahan dalam bidang makanan produk yang ada pada usaha ini salah satunya adalah donat gula halus.

Article Details

Section
Articles

References

1. Siahaan, R.F. & Siti, W. 2017. Usaha Donat Bakar di Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 23 (2): 2502-7220
2. Juddi, M.F., & Setianti, Y. 2019. Book Chap-ter Communication & Information Beyond Boundaries. Aksel Media Akselerasi. Ban-dung.
3. Defintasari, E.Z., & Hendrawan, D. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Ter-hadap Kepuasan Konsumen J-Co Donuts & Coffee Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Maha-siswa FEB, 3(2): 2
4. Adriani, N., dkk. 2013. Analisis Strategi Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada J.Co Donuts & Coffee Cabang Cambridge City Square Medan.
5. Pradana, M. & Reventiary, A. 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pem-belian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1): 4
6. Candra, V.A. & Kusmaningtyas, A. 2020. Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Turnover Intention PT.Prodia Widyahusada Tbk, Wilayah VI Divisi Pelayanan. Jurnal Ekonomi Manajemen (JEM17), 5(1): 77
7. Nugraha, A.R. 2015. Pengaruh Logo Desain Logo Baru BUMD Yang Berbasiskan Kearifan Lokal Terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Makna, 5(1): 2
8. Fitriyani, S., dkk. 2019. Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasi-lan Usaha Jasa Berskala Mikro dan Kecil. Management Insight, 13(1): 49
9. Fu’ad, N.E. 2015. Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil Di Kompleks Shopping Centre Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 30 (1): 58
10. Pito, C.V. dkk. 2016. Analisa Strategi Ber-saing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Docu-ment Solution (Studi Kasus Pada PT. Astra-grahia, TBK Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16 (3): 311
11. Utomo, T.J. 2010. Lingkungan Bisnis dan Per-saingan Bisnis Ritel. Fokus Ekonomi, 5 (1): 77
12. Susetyarsi Th. 2012. Kemasan Produk Ditinjau dari bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan pelabelan Pada kemasan Pengaruhnya Ter-hadap Keputusan Pembelian Pada Produk Mi-numan Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4 (3): 22
13. Sucipto, I.N. 2017. Pengemasan Pangan Kajian Pengemasan Yang Aman, Nyaman, Efektik dan Efisien (garis miring). Denpasar : Udayana University Press.
14. Firdaus. 2020. Pengaruh persepsi dan kepua-san konsumen terhadap Minat Pembelian ulang Produk Private label Indomaret (Studi pada Konsumen Indomaret di Kecamatan Tel-anaipura Kota Jambi). Jurnal manajemen Te-rapan dan Keuangan (Menkeu), 9 (1) : 5
15. Winarso, W., dkk. 2018. Analisis Strategi Penetapan Harga Produk Usaha Kecil dan Menengah Terhadap Volume Penjualan. Jour-nal for Business and Entrepreneur, 2(1): 2
16. J.CO Donuts & Coffee, 2020. Diakses 15 Desember 2020. (https://www.jcodonuts.com/)
17. Adwinda, M.D. & Mia, S. 2019. Hubungan Lingkar Perut, Konsumsi Gula dan Lemak dengan Kadar Glukosa Darah Pegawai Direktorat Poltekkes Kemenkes Jakarta II. Nu-tririre Diaita,11(1): 9 – 10
18. Nisak, A.J. 2017. Pola Konsumsi Makanan Jajanan di Sekolah dapat meningkatkan resiko Overweight pada Anak. Jurnal Berkala Epi-demiologi, 5(3): 312
19. Irdianty, M.S, Toto, S., & Mohammad, H. 2015. AKtivitas Fisik dan Konsumsi Camilan pada Remaja Obesitas di Pedesaan dan Perkotaan Kabupaten Bantul. Berita Kedokter-an Masyarakat, 32(7) : 220
20. Swamilaksita, P.D. 2017. Keragamana Kon-sumsi Pangan dan Densitas Gizi pada Remaja Obesitas dan Non Obesitas. Nutrire Diaita, 9(2) : 45
21. Evan, Joko W, & Erlisa C. 2017. Hubungan antara pola makan dengan kejadian obesitas pada mahasiswa di universitas tribhuwana tunggadewi Malang. Nursing News, 2(3) : 710
22. Kandinasti, S. & Farapti. 2018. Obesitas: Pentingkah Memperhatikan Konsumsi Ma-kanan di AKhir Pekan?. Literature Review: 307 - 316