Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Penggunaan Kosmetik Antipenuaan pada Mahasiswa Universitas Tadulako di Kota Palu

  • Lia Betha Wijayanti Universitas Tadulako
  • Amelia Rumi Universitas Tadulako
  • Asriana Sultan Universitas Tadulako
Keywords: Kosmetik Antipenuaan, Perilaku, Mahasiswa

Abstract

Banyak mahasiswa yang menggunakan kosmetik antipenuaan, pergeseran tren terjadi dimana generasi muda lebih terbuka terhadap penggunaan kosmetik antipenuaan. Wanita yang berada pada usia 15-45 tahun lebih sadar akan penampilan mereka. Keputusan perilaku penggunaan kosmetik antipenuaan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian kosmetik antipenuaan dikalangan mahasiswa Universitas Tadulako di Kota Palu. Metode analisis data dilakukan dengan metode Regresi Linear Berganda dengan jumlah responden sebanyak 303 orang. Dengan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling dengan menyebarkan kuesioner melalui platform google form dengan jumlah sampel sebanyak 395 responden. Hasil dari pengolahan data dengan 3 variabel X yaitu pengetahuan, harga, dan usia, untuk melihat apakah ada pengaruh dari perilaku (Y) penggunaan kosmetik antipenuaan pada mahasiswa. Variabel pengetahuan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku penggunaan kosmetik antipenuaan. Sedangkan variabel harga dan usia memiliki pengaruh terhadap perilaku penggunaan kosmetik antipenuaan. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara parsial perilaku penggunaan kosmetik antipenuaan dipengaruhi oleh faktor harga dan usia.

Published
2021-08-06