Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit

  • Ikbal Munawir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju
Keywords: Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Usia, Budaya, Technical, Interpersonal, Kepuasan

Abstract

Konsekuensi  dari  ketidakpuasan  pasien  adalah  menurunnya  kunjungan.  Berdasarkan  data  dari Rumah Sakit Ummi Bogor, telah terjadi penurunan kunjungan pasien pada akhir tahun 2017. Tujuan penelitian  ini  untuk  mengetahui  hubungan  antara  tingkat  pendidikan,  jenis  kelamin,  usia,  budaya, technical, interpersonal dan tangible terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Ummi Bogor Tahun  2018.  Metode  penelitian  menggunakan  deskriptif  analitik  dengan  pendekatan  cross  sectional. Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  menggunakan  data  primer  dan  sekunder.  Subyek  penelitian sebanyak 88 responden pasien rawat jalan di Rumah Sakit Ummi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional sampling. Analisis ini menggunakan univariat, bivariat dan multivariat. Hasil analisis  univariat  bahwa  pasien  rawat  jalan  yang  puas  dengan  pelayanan  kesehatan  69  orang  (78,4%) dan yang kurang puasa 19 orang (21,6%). Hasil analisis bivariat menunjukan dari dari 7 ada 2 variabel yang  memiliki  hubungan  bermakna  dengan  kepuasan  pasien  rawat  jalan,  yaitu:  variabel  technical (p-value=0,002) dengan nilai OR=7,636 dan variabel interpersonal (p-value=0,000) dengan nilai OR=8113. Hasil analisis multivariat varibel interpersonal merupakan variabel paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien (p-value=0,000) dengan nilai OR=8,113. Sebaiknya manajemen pelayanan rumah sakit, selalu meningkatkan mutu pelayanan baik dari segi technical maupun interpersonal untuk meningkatkan kepuasan pasien.

Published
2018-12-14