Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi dan Pengetahuan Ibu dengan Kejadian Gizi Kurang Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kelurahan Jatibening

  • Feva Tridiyawati STIKes Abdi Nusantara
  • Anisa Ayu Riska Handoko
Keywords: gizi kurang, balita

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara Status sosial ekonomi dan pengetahuan ibu dengan kejadian gizi kurang pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kelurahan Jatibening tahun 2018. 

Metode Penelitian:Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh balita yang mengalami gizi kurang di Wilayah Kerja puskesmas Kelurahan Jatibening yang sejumlah 35 orang. Jadi metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling.

Hasil Penelitian:Dari variabel yang ditelitidan di dugaberhubungandengankejadiangizikurang, seluruhvariabelterbuktimempunyaihubungandenganmelihathasil chi-square, semuahasil p value < 0,05.

Kesimpulan dan Saran :Kader/penguruscakupan Wilayah KerjaPuskesmasKelurahanJatibeningsupayamemperhatikan status gizipadabalitadikarenakanmasihbanyaknya status gizikurangpadabalita, memberikankonselingpadaibu-ibu tentang gizi pada balita dan memberikan makanan tambahan pada balita yang memiliki status gizi kurang.

Kata kunci : gizi kurang, balita

Published
2019-04-18