Pengembangan Matriks antar Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi
Abstract
Urgensi pengembangan sistem akreditasi nasional adalah untuk merespon dan mengantisipasi perubahan internal dan eksternal yang terkait dengan dunia pendidikan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan matriks ke asosiasi antar standar nasional pendidikan tinggi, akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penelitian dan pengembangan. Informan penelitian ini adalah kepala Penjaminan Mutu, Wakil Katua I STIKIM serta orang yang ahli di bidang standar pendidikan tinggi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – Maret 2019 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju Jakarta. Pengembangan standar dilakukan dengan melihat aspek ketersediaan, yakni STIKIM saat ini telah mengambangkan yang awalnya tersedia 25 standar menjadi 30 standar. Berdasarkan aspek kecukupan, hasil studi literatur yang peneliti lakukan, 30 standar yang dikembangkan STIKIM sudah mencakup standar minimum dalam penilaian instrumen akreditasi perguruan tinggi 3.0 dan telah disesuaikan dengan penilaian instrumen akreditasi program studi 4.0. Berdasarkan aspek kemutakhiran, pernyataan standar yang dikembangkan sudah ditingkatkan selaras dengan matriks penilaian akreditasi institusi 3.0 dan akreditasi program studi 4.0. Diharapkan STIKIM dalam membuat program kerja menyesuaikan standar yang telah ditetapkan, yaitu pada indikator kinerja STIKIM.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.