ANALISIS PENGETAHUAN SDM, PENGUNAAN SISTEM INFORMASI DAN KELENGKAPAN KLAIM TERHADAP PENOLAKAN KLAIM REIMBURSEMENT DI PT GESA ASSISTANCE TAHUN 2016
Abstract
Administrasi klaim mempunyai pengaruh yang kuat pada setiap reputasi perusahaan asuransi, keuntungan yang diberikan oleh TPA adalah penanganan administrasi yang profesional terutama untuk pengelolaan administrasi klaim dan lebih eisien dalam biaya operasional. Tujuan penelitian untuk Menganalisis Pengetahuan SDM, Penggunaan Sistem Informasi dan Kelengkapan Klaim terhadap Penolakan Klaim Reimbursement di PT GESA Assistance Periode Januari – December Tahun 2016. Analisis ini diperlukan karena masih terdapat masalah terkait dengan penolakan klaim. Penelitian ini adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif, menggunakan metode induktif dan wawancara mendalam dengan 7 personil klaim. Dalam penelitian ini didapati bahwa dari klaim yang diterima terdapat banyaknya klaim tidak lengkap yang diajukan oleh peserta. Peneliti memfokuskan penelitian kepada permasalahan pengetahuan SDM, penggunaan sistem informasi, kelengkapan klaim dan penolakan klaim. Rata-rata pengetahuan SDM mengenai klaim reimbursment baik, penggunaan sistem informasi klien beberapa yang paham kegunaannya dan banyaknya peserta tidak melengkapi klaim sehingga memperlambat proses pengklaiman. Khususnya pada Divisi Claim ada baiknya manajemen perusahaan memberikan apresiasi kepada SDM yang berkompeten untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawannya, guna mempercepat jalannya proses klaim sebaiknya PT GESA Assistance menggunakan satu sistem yang dapat mengakomodir seluruh kebutuhan dari dalam dan luar perusahaan, agar mensosialisaikan syarat- syarat pengajuan klaim kepada peserta dari awal menggunakan asuransi sehingga memperkecil klaim yang ditolak dan mempercepat proses klaim dan dapat mengevaluasi dan menjadwalkan secara regular refreshing product kepada karyawan khususnya di Bagian Claim sehingga mutunya tetap terjamin.