PENGUKURAN FAKTOR KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

  • Rahma Yeni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju
Keywords: Komunikasi, Persepsi, Motivasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Abstract

Pasien BPJS kesehatan yang puas akan tetap melakukan pengobatan di rumah sakit . Kepuasan pasien BPJS kesehatan adalah Seorang pasien BPJS kesehatan yang menerima jasa layanan yang tercapai semua kebutuhan, keinginan, dan harapannya dapat dipenuhi melalui jasa atau pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit.   Pasien BPJS yang tidak hanya membeli ulang suatu obat dan jasa pelayanan, tetapi juga mempunyai komitmen  dan sikap positif terhadap rumah  sakit, misalnya dengan merekomendasikan orang lain, untuk menggunakan BPJS. Pasien BPJS merupakan salah satu pelanggan yang secara langsung merasakan pelayanan di rumah sakit dan perlu mendapatkan pelayanan yang baik agar tercapai harapan dan keinginannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dan besarannya antara komunikasi interpersonal , persepsi pasien, motivasi pasien, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di rumah sakit umum kecamatan jakarta utara. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain cross-sectional (potong lintang). Sampel yang di gunakan  sekitar 83 pasien BPJS sebagai responden.  Metode analisis yang digunakan adalah structural equation model (SEM) menggunakan SmartPLS 2.0 dan SPSS 18. Hasil pengujian hipotesis dengan Structural Equation Model (SEM) dengan metode SmartPLS menghasilkan temuan penelitian yaitu ada pengaruh langsung komunikasi interpersonal terhadap kepuasan pasien BPJS 9,42%, persepsi pasien terhadap kepuasan pasien BPJS 36,68%, motivasi pasien terhadap kepuasan pasien BPJS 16,50%, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS 22,50%. Saran peneliti agar tenaga kesehatan dalam melayani pasien perlu mencerminkan  sikap perhatian  yang tulus, tidak membeda- bedakan pasien serta konsisten terhadap kesesuaian dan ketepatan waktu melayani pasien. Pelayanan kesehatan bagi pasien perlu dilakukan secara cepat sesuai dengan kebutuhan dan harapan pasien

Published
2019-07-01