GAMBARAN PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT X DI KOTA BOGOR

  • Amir Hamzah Dinnillah UIMA
  • Hedy Hardiana Universitas Indonesia Maju Jakarta
  • Fitriani Ariani Susanti Universitas Indonesia Maju Jakarta
Keywords: Klaim BPJS Kesehatan, Pending Klaim BPJS Kesehatan, Software INA-CBGs

Abstract

Penelitian ini menyoroti fenomena pending klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit X, di mana pembayaran layanan kesehatan tertunda karena verifikasi yang diperlukan oleh BPJS Kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, untuk dapat menggambarkan fenomena pending klaim BPJS Kesehatan di rumah sakit X dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen, dengan pengelolaan menggunakan analisis tematik dalam mengidentifikasi dan pemahaman terhadap pola tematik atau isu terkait pending klaim BPJS di rumah sakit. Hasilnya menunjukkan beberapa faktor penyebab, seperti ketidakcocokan dalam kode diagnosis, kelengkapan berkas pasien, perbedaan pandangan medis dan administratif, serta praktik dokumentasi oleh DPJP. Rekomendasi termasuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), perbaikan kelengkapan berkas pasien, koordinasi yang lebih baik, pemantauan Dokter Penangung Jawaban Pelayanan (DPJP), dan peningkatan kualitas dokumentasi. Dampak dari pending klaim adalah terhentinya aliran dana untuk pembayaran layanan kesehatan. Langkah-langkah perbaikan harus dilakukan oleh pihak internal rumah sakit, dengan kolaborasi antara berbagai pihak termasuk tim administratif, tenaga medis, dan DPJP.

Published
2024-03-19