PENGARUH PENYULUHAN PENCEGAHAN OBESITAS TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SMK SWASTA NAHDLATUL ULAMA MEDAN
Fitri Dian Nila Sari
Abstract
Saat ini obesitas merupakan masalah kesehatan global yang semakin meningkat, dan remaja merupakan kelompok populasi yang rentan terhadap perkembangan obesitas. Menurut survei Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 340 juta anak dan remaja yang berusia 5-19 tahun mengalami kelebihan berat badan atau obesitas pada tahun 2016. Salah satu faktor yang mempengaruhi gizi seseorang adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan pencegahan obesitas terhadap pengetahuan siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 orang responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian menggunakan metode pre-experimental dengan rancangan One Group Pre Test dan Post Test Design. Variabel pengetahuan siswa saat pretest atau sebelum diberikan penyuluhan mayoritas siswa berpengetahuan kurang yaitu sebanyak 16 orang (53,3%), berpengetahuan baik 14 orang (46,7%), dan saat posttest atau setelah diberikan penyuluhan pencegahan obesitas jumlah responden yang berpengetahuan kurang menurun menjadi 9 orang (30%). Sedangkan jumlah siswa yang berpengetahuan baik meningkat menjadi 21 orang (70%). Rata-rata pengetahuan siswa pretest yaitu 1,4667 dengan Standar Deviasi 0,50742, meningkat menjadi 1,7000 saat posttest setelah diberikan penyuluhan dengan Standar Deviasi 0,46609. Berdasarkan hasil uji statistik Wilcoxon didapat nilai p = 0,008 (p < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyuluhan pencegahan obesitas terhadap pengetahuan pada siswa. Dari penelitian ini, saran kepada pihak sekolah agar ke depannya dapat bekerja sama dengan instansi pelayanan kesehatan setiap tahunnya untuk melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan berisi informasi tentang gizi seimbang.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.