Efektivitas Intervensi Senam dan Yoga dalam Mengurangi Tingkat Keparahan Depresi Postpartum pada Wanita Sectio Caesarea : Uji Coba Terkontrol Acak

  • Nila Trisna Yuliati Akademi Kebidanan Borneo Medistra, Kota Balikpapan
  • Karnilan Lestari Ningsi Sam
Keywords: Post partum, Post seksio sesarea, Senam nifas, Yoga

Abstract

Selama masa postpartum wanita lebih mudah mengalami depresi dan terjadi peningkatan kebutuhan wanita untuk menemui dokter ahli jiwa. Depresi pasca persalinan ditandai dengan mudah tersinggung, merasa bersalah, kelelahan, kecemasan, gangguang tidur dan gejala somatik yang dapat memiliki efek negatif pada ibu, bayi, dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efek dari program senam dan yoga pada wanita yang mengalami seksio sesarea terhadap tingkat keparahan depresi postpartum. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan pre-post test two-group design. Populasi dalam penelitian adalah wanita bersalin seksio sesarea sejak bulan Desember tahun 2020 sampai Mei tahun 2021. Sampel yang memenuhi kriteria dibagi 2 kelompok yakni kelompok senam nifas (n=24) dan kelompok yoga (n=24). Penelitian ini dilakukan di Kampus Akbid Borneo Medistra Balikpapan. Adapun uji statistik yang digunakan yaitu uji man whitney yang bertujuan untuk melihat perbandingan sebelum dan setelah perlakuan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa senam nifas dan yoga efektif menurunkan tingkat depresi post partum pada wanita seksio sesarea (Pv=0,000).

Published
2022-07-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.