Utilization Review Pasien Bedah Jantung 2 katup dan ASD di RSUP Dr. Kariadi

  • Agung Purwanto Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Administrasi Rumah Sakit, Universitas Diponegoro Semarang dan RSUP Dr. Kariadi Semarang, Indonesia
  • Sutopo Patria Jati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro Semarang
  • Suhartono Suhartono Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro Semarang
Keywords: Utilization Review, Cardiac Surgery, BPJS, Tarif

Abstract

Abstrak

Besarnya pembiayaan operasi jantung di masa JKN tentu akan mempengaruhi penerimaan klinik melalui klaim yang didapat dari BPJS. Jumlah tarif yang muncul dan klaim BPJS pada pasien dalam operasi jantung harus dilakukan  pengendalian salah satunya melalui Utilization Review. (UR). Hasil UR adalah sesuatu yang sensitif dalam mendorong Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) untuk melakukan perawatan berkualitas dengan biaya efisien yang diambil dengan mengurangi layanan yang tidak benar-benar diperlukan oleh pasien  (reducing. the unnecessary services). Penelitian ini memakai strategi pendekatan kuantitatif. dengan jenis penelitian deskriptif,. Populasi penelitian. ini merupakan desain pembiayaan rumah, sakit dimana pasien menggunakan klaim BPJS dan BPJS dalam  kasus operasi bedah jantung tahun 2019 sebanyak 321 pasien, dengan operasi bedah jantung terbuka dengan 2 katup sebanyak 80 dan Atrial Septal Defect 84. Pengujian dihitung dengan menggunakan teknik total, sampling. Muncul perbandingan antara tarif rumah sakit dan klaim yang berbeda dan menunjukkan bahwa billing. dengan tarif rumah sakit lebih besar dari klaim sebanyak 79% dan billing dengan tarif rumah sakit lebih kecil dari klaim sebanyak 21%. Variabel yang menjadi penyebab terjadinya  kesenjangan antara pola pembiayaan dengan klaim BPJS dengan operasi terbuka 2 katup dan Atrial Septal. Defect yang dapat diidentifikasi adalah penggunaan kelas perawatan, lama rawat inap dan lamanya perawatan  di ICU.

Published
2022-05-14

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.