Efektivitas Edukasi Penggunaan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Kesehatan Mulut

  • Puji Kurnia Departemen Kedokteran Gigi Anak, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Andalas
  • Eni Rahmi Departemen Prostodonti, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Andalas
  • Reni Nofika Departemen Konservasi Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Andalas
  • Yudi Setiawan Departemen Bedah Mulut, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Andalas
  • Eunike Yemima Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Andalas
Keywords: Edukasi, Fluoride, Karies, Pasta gigi

Abstract

Kombinasi antara menyikat gigi yang bertujuan membersihkan plak secara mekanis dengan penggunaan pasta gigi mengandung ion fluor yang memengaruhi proses demineralisasi dan remineralisasi dapat mencegah karies. Anak berusia di bawah 8 tahun masih membutuhkan bimbingan dari orang tua terutama ibu dalam proses menyikat gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas edukasi penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride terhadap peningkatan pengetahuan ibu tentang kesehatan mulut anak. Penelitian ini mengumpulkan subyek penelitian berjumlah 25 subyek dari 32 subyek awal, terdiri dari guru SMKN 1 Batanghari Jambi yang merupakan seorang ibu. Subyek dievaluasi secara daring dengan 8 butir closed ended question saat pre-test (20 Juni 2021) dan post-test (21 Juni 2021). Uji statistik menggunakan pre-test dan post-test dengan SPSS. Uji indeks gain score dilakukan untuk menentukan tingkat efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata pengetahuan responden antara sebelum (5,16±1,930) dan setelah (5,64 ± 1,800) pemberian edukasi penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride. Nilai efektivitas yaitu 0,2 (g<0,3). Edukasi kepada ibu memberikan pengaruh positif namun nilai efektivitasnya rendah.

Published
2022-09-08

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.