Efektivitas Edukasi Penggunaan Pasta Gigi Zinc Kepada Guru TK Mengunakan Metode Teledentsistry di Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Pandemi COVID-19 memiliki dampak terhadap masyarakat, pengetahuan dalam pencegahan penyebaran diperlukan agar dapat mengurangi tertularnya COVID-19. Oleh karena penerapan physical distancing, metode edukasi secara daring dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas edukasi penggunaan pasta gigi zinc kepada guru TK menggunakan metode teledentistry di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional yang dilakukan pada guru TK se-Kecamatan Lubuk Basung yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Kuisioner dengan 10 pertanyaan tertutup diberikan kepada populasi yang berjumlah 53 orang sebelum intervensi, kemudian dilakukan intervensi berupa edukasi secara daring dan dilakukan pengisian kuisioner kembali. Nilai 1 diberikan jika jawaban benar dan 0 jika jawaban salah. Statistika deskriptif dan perangkat lunak PSPP digunakan untuk menganalisa data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rerata pengetahuan yang signifikan antara sebelum (17,98±2,274) dan sesudah (19,49±1,265) pemberian edukasi penggunaan pasta gigi zinc kepada guru TK mengunakan metode teledentsistry (Pv=0,000). Berdasarkan uji gain score diperoleh hasil sebesar 0,75, disimpulkan edukasi penggunaan pasta gigi zinc kepada guru TK menggunakan metode teledentistry terbukti memiliki efektifitas tinggi.