Systematic Review: Implementasi dan Dampak Antimicrobial Stewardship Program pada Fasilitas Kesehatan di Berbagai Negara

  • Muchlis Achsan Udji Sofro RSUP Dr Kariadi - Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang Indonesia
  • Antono Suryoputro Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Anies Anies Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang Indonesia
Keywords: Program pengendalian resistensi, Resistensi antibiotik, Restriksi antibiotik, Rumah sakit

Abstract

Antimicrobial Stewardship Program (ASP) merupakan suatu program yang mengacu pada pendekatan multidisiplin untuk mengoptimalkan ketepatan penggunaan antibiotik di berbagai institusi fasilitas kesehatan terutama rumah sakit. Implementasi ASP yang efektif ditentukan oleh komunikasi antar tenaga kesehatan, sumber daya manusia serta sarana dan prasarana. Beberapa dekade terakhir, penelitian terkait implementasi ASP di berbagai negara masih terbatas. Tujuan dari studi ini untuk mengidentifikasi jenis strategi implementasi ASP yang digunakan di berbagai negara berdasarkan status pendapatan negara dan dampak implementasi dari ASP ditinjau dari segi luaran klinis, mikrobiologis, dan finansial ekonomi rumah sakit. Metoda literature riview yang digunakan adalah Metoda PRISMA. Proses pencarian pustaka menggunakan basis data Pubmed dan Cochrane Library dengan kata kunci “antimicrobial stewardship program”, “antimicrobial policy”,hospital”, “impact” yang dikombinasikan dengan sebuah Boolean operatorAND” dan “OR”. Dari 30 artikel terpilih 22 artikel (14 negara) untuk diikutkan dalam studi. Seluruh lokasi penelitian yang dipilih berasal dari rumah sakit perawatan tersier atau rumah sakit yang berafiliasi dengan institusi pendidikan tinggi. Sebagian besar artikel berasal dari negara high-income economies (59,1%). Jenis strategi implementasi ASP yang paling banyak digunakan yaitu prospective audit with intervention and feedback  (86,36%) dan secara keseluruhan memberikan dampak positif terhadap luaran klinis, mikrobiologis dan finansial ekonomi rumah sakit.

Published
2022-11-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.