Media Audio Visual Sebagai Sarana Edukasi Kesehatan Reproduksi pada Remaja
Abstract
endidikan kesehatan reproduksi sangat penting untuk diberikan kepada remaja karena mereka rentan terhadap masalah kesehatan reproduksi remaja. Pemberian pendidikan kesehatan kepada remaja melalui media audio visual akan memaksimalkan upaya mereka dalam menyerap informasi. Menganalisis keefektifan media pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap tentang kesehatan reproduksi remaja. Desain penelitian adalah quasi-experimentesain penelitian pre-post test with control group. Jumlah sampel 60 orang, 30 sampel kontrol dan 30 sampel intervensi. Besar sampel diambil dengan teknik non-probability sampling dan pengumpulan data dengan kuesioner yang dianalisis dengan uji Mann-Whitney. Skor pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi meningkat secara signifikan pada kelompok intervensi (41,40) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (19,60). Skor sikap kelompok intervensi (36,25) lebih tinggi dari kelompok kontrol (24,75). Pendidikan kesehatan reproduksi dengan media video lebih efektif dalam meningkatkan skor pengetahuan (Pv=0,000) dan skor sikap (Pv=0,011) dibandingkan dengan media booklet.