Pengaruh Pengetahuan dan Sikap terhadap Gangguan Kecemasan Akibat Pandemik COVID-19 pada Pelajar Sekolah Menengah Atas/Sederajat

  • Sri Sahayati Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, Universitas Respati Yogyakarta
  • Fx. Joko Krisdiyanto Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, Universitas Respati Yogyakarta
  • Rianti Alma Sari Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, Universitas Respati Yogyakarta
  • Heni Trisnowati Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: COVID-19, Gangguan kecemasan, Pelajar, Pengetahuan, Sikap

Abstract

Pandemi COVID-19 sampai saat ini masih menimbulkan banyak problematika seperti masalah ekonomi, pendidikan, dan kematian.  Kondisi pandemic berdampak bagi sluruh golongan umur manusia tak terkecuali pelajar SMA. Di sisi lain terdapat permasalahan penting untuk dikaji lebih jauh yaitu mengenai kesehatan mental pada pelajar SMA berupa gangguan kecemasan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap akibat terjadinya pandemi COVID-19 terhadap gangguan kecemasan yang dialami oleh pelajar SMA/sederajat di Kota Yogyakarta. Desain penelitian menggunakan cross sectional study dengan mengambil 137 pelajar sebagai responden yang berusia 15-19 tahun pada 6 SMA/sederajat di Kota Yogyakarta.  Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan pengumpulan data menggunakan angket online.  Sebagian besar pelajar memiliki pengetahuan (66%) dan sikap yang baik (71%), sedangkan gangguan kecemasan termasuk dalam tingkatan yang sedang (68%). Analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan (P-value = 0,273) dan sikap (P-value  = 0,092) terhadap gangguan kecemasan, namun secara simultan kedua faktor tersebut memiliki hubungan terhadap gangguan kecemasan (P-value  = 0,049) walaupun tidak signifikan (7,5%).  Pengetahuan dan sikap pelajar terkait COVID-19 bukan penyebab utama dalam timbulnya kecemasan walaupun memiliki pengaruh.

Published
2023-03-03

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.