Pengaruh Penyuluhan Tentang Bahaya Merokok terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Rumah Tangga

  • Abil Rudi Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya Sintang
  • Kafi Pangki Suwito Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya Sintang
  • Rika Yuanita Pratama Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya Sintang
  • Rudiansyah Rudiansyah Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya Sintang
  • Yunida Haryanti Program Studi Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kapuas Raya Sintang
Keywords: Ibu Rumah Tangga, Merokok, Pengetahuan, Penyuluhan, Sikap

Abstract

Merokok merupakan kebiasaan menghisap rokok yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Rokok merupakan salah satu zat adiktif yang menimbulkan ketergantungan bagi pemakainya. Sifat adiktif rokok berasal dari nikotin, yang dapat berdampak pada kesehatan, terutama pada wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan tentang bahaya merokok terhadap pengetahuan dan sikap ibu rumah tangga di Desa Mertiguna, Kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu kelompok pre-test dan post-test. Populasi sebanyak 859 orang dan 87 sampel diambil dengan menggunakan teknik systematic random sampling. Terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan (nilai p = 0,008) dan sikap (nilai p = 0,001) ibu rumah tangga tentang bahaya merokok sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan di Desa Mertiguna Kabupaten Sintang.

Published
2023-07-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.