Literature Review: Peran Pendamping dan Peer Educator dalam Edukasi Pencegahan COVID-19 Secara Online pada Kelompok ODHA

  • Farandi Agesti Ramadhan 7Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Hadi Pratomo 7Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Putri Diyah Patni 7Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Reza Dara Pertiwi 7Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Dame Artha Ria 7Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Ruri Muchtia Ichwan 7Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Andi Muhammad Yusuf Ridwan 7Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: COVID 19, Pemberdayaan Masyarakat, HIV / AIDS, Kelompok sebaya, ODHA

Abstract

Kerentanan ODHA terhadap risiko penularan COVID-19 dan meningkatnya jumlah kasus COVID-19, meningkatkan kesadaran untuk mencegah COVID-19. Peneliti menggunakan studi Literature Review berdasarkan pengumpulan data dari rentang waktu antara tahun 2015-2020 dengan kata kunci COVID-19, Pendidikan Online, HIV/AIDS, Peer Support Groups (KDS), Empowerment. Data yang ada dikoleksi dari dalam maupun luar negeri telah dipelajari dan dipilih bersumber dari Google Scholar, Proquest, Researchgate dan Springerlink. Hasil proses pencarian artikel menunjukkan bahwa terdapat 34 artikel yang berkaitan dengan penelitian berdasarkan rentang waktu antara 2015-2020 dan sesuai dengan kata kunci Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Setelah data ditinjau dan dipilih kembali, tersisa 17 artikel sesuai dengan kriteria inklusi dan relevan dengan tujuan dari penelitian ini. Kesimpulan dari hasil review jurnal menunjukkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan daring terkait pencegahan COVID-19 dengan melibatkan peran pendampingan dan pemberdayaan pendidik sebaya dalam kelompok ODHA.

Published
2023-05-02

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.