Kepuasan Pasien pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

  • Meriem Meisyaroh S Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Murtini Murtini Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Haslinda Haslinda Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
Keywords: Kepuasan pasien, Kinerja pegawai, Komunikasi, Pelayanan kesehatan

Abstract

Kepuasan pasien menjadi tolak ukur dalam mutu pelayanan kesehatan, salah satu bagian tenaga kesehatan yang mempunyai peranan penting dalam pemberian pelayanan kesehatan adalah perawat karena pelayanan keperawatan merupakan salah satu faktor penentu baik buruknya mutu dan citra puskesmas, akan tetapi seperti yang kita lihat diberbagai puskesmas masih banyak perawat yang mempunyai kinerja yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang datang berobat di Puskesmas yang masuk kriteria Inklusi sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini, menunjukkan 88% responden menilai kinerja baik, 70% menilai pelayanan baik dan 90% menilai komunikasi baik. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa faktor pelayanan (P-value = 0,006) dan komunikasi (P-value = 0,006) berhubungan secara signifikan dengan kepuasan pasien. Sedangkan faktor kinerja tidak berhubungan (P-value = 0,242) dengan kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini kinerja pelayanan kesehatan sudah baik kepada pasien sehingga tidak ditemukan masalah mengenai kinerja dengan kepuasan pasien, sedangkan pelayanan dan komunikasi petugas kesehatan terhadap pasien sangat berpengaruh dengan kepuasan pasien di Puskesmas, adapun saran bagi Puskesmas yaitu, Puskesmas harus selalu mengutamakan kepuasan pasien.

Published
2023-05-02

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.