Analisis Kepatuhan terhadap Rekomendasi Food Hygiene dan Perlindungan Personal untuk Pencegahan COVID-19 pada Masyarakat Perkotaan

  • Desy Sulistiyorini Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Indonesia Maju
  • Eka Rokhmiati Wahyu Purnamasari Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Indonesia Maju
Keywords: Food hygiene, COVID-19, Personal protection, Indonesia

Abstract

Langkah-langkah dalam ranah kesehatan masyarakat dan langkah-langkah sosial telah diterapkan di seluruh dunia untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kepatuhan masyarakat terhadap rekomendasi tersebut menjadi kunci dalam mengendalikan pandemi secara efektif. Kawasan perkotaan memainkan peran penting sebagai pusat pemerintahan dan kegiatan ekonomi nasional sekaligus sebagai pusat pengendalian pandemi. Penelitian ini merupakan studi cross-sectional yang dilakukan untuk menilai kepatuhan orang dewasa yang tinggal di wilayah Jabodetabek. Survei dilakukan pada Agustus-September 2022 melalui kuesioner online Sebanyak 515 peserta mengisi survei tersebut. Sebagian besar responden mengadopsi langkah-langkah higienis dan perlindungan pribadi yang direkomendasikan untuk menghindari penularan COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden, yang memiliki akses ke internet sebagian besar memiliki kepatuhan terhadap rekomendasi perlindungan personal dalam kategori baik. Variabel yang berhubungan dengan kepatuhan terhadap rekomendasi perlindungan personal adalah jenis kelamin responden (P-value = 0,003). Sedangkan variabel yang berhubungan dengan kepatuhan terhadap rekomendasi food hygiene adalah jenis kelamin (P-value = 0,015), tingkat pendidikan (P-value = 0,035), dan status komorbid (P-value = 0,02), Diperlukan edukasi secara berkelanjutan melalui berbagai media antar lintas pemangku kebijakan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat, khususnya kepatuhan terhadap rekomendasi food hygiene.

Published
2023-03-03

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.