Hubungan Mindful Eating (ME) dan Healthy Eating Literacy (HEL) dengan Status Indeks Masa Tubuh (IMT) pada Remaja di Kota Tangerang Selatan

  • Mustakim Mustakim Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mizna Sabilla Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rusman Efendi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tyas Aprillia Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Healthy Eating Literacy, Indeks Masa Tubuh, Mindful eating, Obesitas

Abstract

Masalah obesitas pada anak telah mencapai proporsi epidemi. Obesitas di seluruh dunia meningkat hampir tiga kali lipat sejak 1975. Pada 2016, lebih dari 1,9 miliar orang dewasa, berusia 18 tahun ke atas, mengalami overweight dan lebih dari 650 juta mengalami obesitas. Obesitas dapat dicegah dengan berbagai macam intervensi, salah satunya adalah dengan memperbaiki perilaku makan melalui konsep Mindfulness Eating (ME) dan Healthy Eating Literacy (HEL). Studi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ME dan HEL dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) pada remaja di Kota Tangerang Selatan. Studi dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif disain studi potong lintang pada 193 remaja di Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menggunakan google form. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil studi menunjukkan tidak terdapat hubungan antara ME (nilai p = 0,248)  dan HEL (nilai p = 0,811) dengan status IMT pada remaja di Kota Tangerang Selatan. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi bahwa konsep ME dan HEL dapat menjadi intervensi dalam pencegahan kejadian obesitas pada remaja.

Published
2024-01-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.