Analisis Kepuasan Kerja Pegawai Direktorat Keuangan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

  • Hardiman SG Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta
  • Andryani Andryani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta
  • Munaya Fauziah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta
  • Ernyasih Ernyasih Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta
Keywords: Kepemimpinan, Kepuasan kerja, Kompensasi, Pelatihan, Struktur organisasi

Abstract

Kepuasan karyawan akan meningkatkan produktivitas kerja dan pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan. Mengoptimalkan kepuasan karyawan merupakan kunci untuk mencapai sukses perusahaan. Karyawan puas cenderung bekerja dengan kualitas yang lebih tinggi, bekerja lebih produktif, cenderung bertahan lebih lama, dan cenderung dapat menciptakan pelanggan yang puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan struktur organisasi, kepemimpinan, kompensasi, dan pelatihan dengan kepuasan kerja pegawai. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode analitik, jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel Quota sampling. Pengolahan data menggunakan komputerisasi dengan analisis Univariat, Bivariat (Chi Square), Multivariat (Regresi Logistik Ganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur organisasi (nilai p = 0,002), kepemimpinan (nilai p = 0,004), kompensasi (nilai p = 0,000) dan pelatihan (nilai p = 0,000) dalam kategori baik dan secara signifikan berhubungan dengan kepuasan kerja pegawai. Pelatihan (niali p< 0,054) merupakan variabel yang paling dominan terhadap kepuasan kerja pegawai Direktorat Keuangan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih.

Published
2024-01-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.