Analisis Tingkat Penerimaan Pengguna terhadap Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan (ASIK) untuk Kegiatan Imunisasi

  • Pita Melati Sulkani Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Departemen Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga Surabaya
Keywords: Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan, Imunisasi, Penerimaan pengguna

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi tingkat penerimaan yang diterima oleh pengguna terhadap Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan (ASIK) yang digunakan oleh petugas di Puskesmas Ganting, Sidoarjo dalam kegiatan imunisasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Penerimaan Teknologi (TAM). Metode yang digunakan adalah survei dengan kuesioner yang disebarkan kepada 14 responden yang terdiri dari 6 bidan, 5 perawat, 1 nakes, 1 petugas komputer, dan 1 petugas promosi kesehatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi ASIK pada umumnya cukup baik, dengan nilai rata-rata pada setiap variabel TAM di atas nilai tengah skala. Dalam analisis ini ditentukan bahwa persepsi pengguna terhadap kemudahan penggunaan dan kesulitan penggunaan berdampak positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna untuk menggunakan aplikasi ASIK. Namun, temuan juga menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan bukanlah faktor yang secara signifikan mempengaruhi niat pengguna dalam menggunakan aplikasi ASIK. Oleh karena itu, disarankan agar pihak pengelola aplikasi ASIK di Puskesmas Ganting meningkatkan layanan dukungan teknis dan pelatihan bagi pengguna untuk meningkatkan persepsi kegunaan aplikasi. Selain itu, pihak pengelola juga dapat melakukan pengembangan aplikasi untuk meningkatkan kualitas dan kemudahan penggunaan aplikasi.

Published
2024-01-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.