Studi Netnografi : Manfaat Sekolah Berbasis Alam Terhadap Kesehatan Anak
Abstract
Kesehatan anak adalah keadaan sejahtera fisik, mental, intelektual, sosial dan emosional dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Kurangnya aktifitas di luar ruangan dan kecanduan gadget meningkatkan risiko penyakit degenaratif pada anak seperti obesitas, diabetes tipe 2, asma, dan defisiensi vitamin D. Sebagian besar anak menghabiskan waktu di sekolah. Tentunya kegiatan sekolah dapat berpengaruh pada kesehatan anak secara fisik dan mental. Sekolah alam adalah suatu bentuk pendidikan alternative mengenai sistem sekolah dengan konsep pendidikan berbasis alam semesta dimana anak tidak dibatasi untuk mengeksplorasi kegiatan di luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran manfaat sekolah alam di Indonesia terhadap kesehatan anak yang terkait dengan aktivitas luar ruangan yang tidak terstruktur dan waktu yang dihabiskan di lingkungan alami melalui metode netnografi. Hasil penelitian menunjukkan sekolah alam menyediakan kegiatan luar kelas seperti farming, outing, outbound, olahraga, dan camping. Kegiatan ini memiliki dampak yang juga didukung dari feedback masyarakat pengguna media social dapat meningkatkan kesehatan fisik,mental, dan sosial anak. Hal ini dapat menjadi referensi bagi sekolah lain untuk menciptakan kegiatan anak di luar ruangan seperti project-based learning dan olahraga yang cukup supaya anak diberi kesempatan untuk beraktivitas fisik dan mengembangkan kreativitasnya.