Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Di UPTD Puskesmas Pasir Putih
Abstract
Kepuasan masyarakat merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan keberhasilan suatu organisasi sebab masyarakat adalah konsumen dari produk yang dihasilkan. Tujuan penelitian adalah menganalisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Pasir Putih Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Tahun 2023. Desain penelitian ini adalah survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mayoritas responden adalah perempuan sebanyak 74%, terbanyak berusia 18 sampai dengan 40 tahun sebanyak 68%, memiliki pekerjaan lainnya (ibu rumah tangga) sebanyak 63,8%, dan pendidikan terakhir terbanyak yaitu SMA/SMK sebanyak 52%. Terdapat 1 unsur kategori sangat baik yaitu penanganan pengaduan, saran, dan masukan, terdapat 7 unsur dalam kategori baik, yaitu persyaratan, sistem, mekanisme, dan prosedur, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis layanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, serta sarana dan prasarana. Terdapat 1 unsur kategori kurang baik yaitu kecepatan waktu penyelesaian pelayanan. Hasil survei kepuasan masyarakat UPTD Puskesmas Pasir Putih tahun 2023 adalah 82,80 atau kategori "Baik". Saran dari penelitian ini agar dapat meningkatkan unsur waktu penyelesaian pelayanan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Pasir Putih.