Pengetahuan, Sumber Informasi, Umur, Kepercayaan terhadap Perilaku Personal Hygiene pada Remaja Putri

  • Sinta Puspitasari Program Studi D-IV Bidan Pendidik STIKes Mitra RIA Husad
  • Yossi Fitria Program Studi D-IV Bidan Pendidik STIKes Mitra RIA Husada
Keywords: Kesehatan Reproduksi, Personal Hygiene, Remaja Putri

Abstract

Kesehatan  Reproduksi  tidak  lepas  dari  kesehatan  di  bidang  kebidanan  dan kandungan. Hingga saat ini masih banyak dijumpai penyakit- penyakit infeksi yang menggangu alat reproduksi (alat kelamin/ genetalia) wanita. Salah satu penyebabnya yaitu penanganan bagaimana cara menjaga personal hygiene dengan baik dan benar untuk dapat

menghindari bahaya infeksi alat reproduksi berdasarkan hasil studi pendahuluan di dapatkan hasil bahwa masih ada siswi yang belum memahami tentang personal hygiene yang benar serta pengetahuan mereka tentang personal hygiene yang masih rendah. Tujuan penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  hubungan  tingkat  pengetahuan  kesehatan reproduksi terhadap perilaku personal hygiene siswi SMAN 1 Megamendung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan populasi seluruh siswi kelas X dan XI di SMAN 1 Megamendung tahun 2017 yaitu sebanyak 124 orang. metode pengambilan sampel dengan teknik random sampling dengan menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi. Berdasarkan hasil analisa univariat masih terdapat (61,3%) siswi yang memiliki pengetahuan rendah mengenai kesehatan reproduksi. Analisa bivariat menunjukkan bahwa perilaku personal hygiene dengan pengetahuan menunjukkan hubungan yang bermakna (0,001), sumber informasi (0,027), umur (0,009), dan kepercayaan (0,014). Hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswi SMAN 1 Megamendung dan dijadikan bahan masukan bagi peneliti selanjutnya, serta pembuatan kebijakan dengan pihak sekolah dalam perilaku personal hygiene. Penyuluhan secara berkala  bagi  siswi  SMAN 1  Megamendung  sebagai  upaya  pencegahan  sehingga diharapkan masalah kesehatan reproduksi Indonesia dapat menurun.

Published
2017-12-21

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.