Faktor – faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien

  • mukhlisiana ahmad Akademi Kebidanan Bogor Husada
Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien. Kepuasan didefinisikan sebagai
penilaian pasca konsumsi, bahwa suatu produk yang dipilih dapat memenuhi atau melebihi harapan pasien, sehingga
mempengaruhi proses pengambilan keputusan untuk pembelian ulang produk yang sama. Pengertian produk
mencakup barang, jasa, atau campuran antara barang dan jasa. Produk rumah sakit adalah jasa pelayanan kesehatan.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan
terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Graha Permata Ibu Tahun 2016. Penelitian ini bersifat Cross Sectional,
untuk menentukan sampel penelitian ini menggunakan tehnik Accidental Sampling yaitu dengan cara memilih pasien
rawat jalan yang kebetulan ada dijumpai di RS Graha Permata Ibu dengan sampel yang digunakan 55 orang pasien di
RS Graha Permata Ibu. Dari hasil penelitian ini di dapatkan hasil tidak ada hubungan antara Tangibles terhadap
kepuasan pasien, dan tidak ada hubungan antara Reabillity terhadap kepuasan pasien, dan pada aspek
Responsiveness tidak ada hubungan antara Responsiveness terhadap kepuasan pasien, dan juga tidak ada hubungan
antara Assurance terhadap kepuasan pasien, sedangkan pada aspek Empathy dinyatakan ada hubungan antara
Empathy terhadap kepuasan pasien di RS Graha Permata Ibu dengan P-Value = 0.008, dengan α = 0.05. Pada hasil
penelitian di RS Graha Permata Ibu hasil yang peneliti dapat memang tidak semua aspek berhubungan, hanya aspek
Empathy yang berhubungan dengan kepuasan pasien, namun aspek-aspek di atas harus selalu diperhatikan dan selalu
di utamakan terutama aspek Empathy yang berpengaruh dimana petugas harus lebih maksimal memberikan
perhatian dan rasa peduli kepada pasien yang berkunjung ke RS Graha Permata Ibu.

Published
2019-07-13

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.