Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit TNI AD Tk Iv 02.07.04 Bandar Lampung Tahun 2017
Abstract
Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan salah satu unit pelayanan di rumah sakit yang memberikan pertolongan pertama dan sebagai jalan pertama masuknya pasien dengan kondisi gawat darurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien instansi gawat darurat Rumah Sakit TNI AD Tk IV 02.07.04 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross section. Jumlah sampel 96 pasien yang datang ke IGD Rumkit TNI AD Tk. IV 02.07.04 Bandar Lampung.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan metode purposive sampling menggunakan kuesioner yang sudah di uji validitas dan reabilitas. Data yang didapat selanjutnya dilakukanan analisis univariat, bivariat dan multivariate. Keterampilan petugas kesehatan termasuk dalam kategori tidak mampu yaitu 66,7% (nilai p = 0,05), prosedur pelayanan termasuk dalam kategori tidak mudah yaitu 65,6% (nilai p = 0,000), kenyamanan lingkungan termasuk dalam kategori tidak nyaman yaitu 62,5 (nilai p = 0,000)%, waktu tanggap termasuk dalam kategori tidak cepat 63,5% (nilai p = 0,000) dankepuasan pasien IGD Rumkit TNI AD Tk. IV 02.07.04 Bandar Lampung Tahun 2017 termasuk dalam kategori tidak puas yaitu 67,7% responden.Ada hubungan signifikans keterampilan petugas kesehatan, kenyamanan lingkungan, prosedur pelayanan dan waktu tanggap dengan kepuasaan pasien IGD Rumkit TNI AD Tk. IV 02.07.04 Bandar Lampung Tahun 2017.Waktu tanggap adalah faktor yang paling memengaruhi kepuasaan pasien IGD Rumkit TNI AD Tk. IV 02.07.04 Bandar Lampung Tahun 2017.