Studi Deskriftif Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien Sesuai Instruksi Kars Versi 2012 di IGD Rumah Sakit TNI AD Tk IV 02.07.04 Bandar Lampung

  • Arseliana Helsanewa ARS INKES HELVETIA MEDAN
  • Achmad Rifai Magister Kesehatan Masyarakat Insitut Kesehatan Helvetia
  • Jamaluddin Jamaluddin Magister Kesehatan Masyarakat Insitut Kesehatan Helvetia
Keywords: Rumah sakit, Sasaran keselamatan pasien, Akreditasi

Abstract

Rumah sakit TNI AD Tk IV Bandar Lampung ini merupakan salah satu rumah sakit yang berkomitmen pada keselamatan pasien dan telah memiliki SPO (Standar Prosedur Operasional). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sejauh mana pelaksanaan standar sasaran keselamatan pasien yang sesuai dengan Instruksi KARS versi 2012 di Instalasi Gawat Darurat RS TNI AD Tk. IV 02.07.04 Bandar Lampung tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jumlah Informan dalam penelitian ini adalah 7 tenaga kesehatan pelaksana antara lain Dokter, Tenaga keperawatan dan Petugas apoteker di Instalasi Gawat Darurat RS TNI AD Tk IV Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan identifikasi pasien, pelaksanaan komunikasi efektif, pelaksanaan peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai, pelaksanaan kepastian tepat-lokasi, tepat-prosedur, tepat-pasien operasi, dan pelaksanaan pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan sudah sesuai dengan instrumen KARS versi 2012, sedangan pelaksanaan risiko pasien jatuh belum sesuai dengan instrumen KARS versi 2012. Pelaksanaan Standar standar sasaran I,II,III, IV, dan V keselamatan pasien sesuai dengan Instalasi KARS versi 2012 di Instalasi Gawat Darurat RS TNI AD Tk. IV 02.07.04 Bandar Lampung tahun 2017, sedangkan sasaran VI belum sesuai dengan Instruksi KARS versi 2012. Disarankan memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana di Instalasi Gawat Darurat guna mendukung pelaksanaan sasaran keselamatan pasien.

Published
2019-09-09

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.