Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit
Abstract
Komunikasi terapeutik yang baik akan menciptakan hubungan saling percaya antara perawat dan pasien. Dengan demikian, pasien akan merasa puas dan nyaman terhadap pelayanan yang diberikan perawat sehingga meningkatkan semangat dan motivasi pasien untuk sembuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Grha Permata Ibu Depok tahun 2016. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di Rumah Sakit Grha Permata Ibu Depok. Pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling, maka didapatkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dan pengolahan data menggunakan program. Hasil penelitian diperoleh dari 40 responden sebanyak 24 responden merasa puas dengan pelayanan rawai inap dan sebanyak 23 responden menilai komunikasi terapeutik perawat baik. Uji hipotesis chi square antara komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Grha Permata Ibu Depok diperoleh p-value sebesar 0,016 dan nilai Odds Ratio (OR) sebesar 6,600. Kesimpulan penelitian ini ada hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Grha Permata Ibu Depok tahun 2016. Diharapkan manajemen atau Diklat Rumah Sakit Grha Permata Ibu Depok untuk mendukung serta memfasilitasi perawat dalam meningkatkan komunikasi terapeutiknya, dengan mengirimkan perawatnya dalam pelatihan, workshop, bimbingan teknis khusus maupun seminar mengenai komunikasi terapeutik yang baik.