Efek Kepuasan Pasien terhadap Sisa Makan pada Pasien dengan Diet Lunak

  • Syabilila Indraswari Universitas Indonesia
  • Endang L. Achadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Mutiara Mutiara RSU Adhyaksa Kejaksaan Agung RI
Keywords: Kepuasan pasien, rumah sakit, sisa makan, diet lunak

Abstract

Intake makan  dan tingkat kepuasan pasien rawat inap  merupakan isu yang penting di Rumah Sakit. Rendahnya intake makanan berpengaruh pada status gizi pasien rawat inap. Intake makan dan tingkat kepuasan paseien rawat inap dapat dilihat dari sisa makan. Penelitian ini mempelajari tentang efek kepuasan pelanggan terhadap sisa makan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang dikumpulkan oleh unit humas dan instalasi gizi RSU Adhyaksa. Penelitian ini merupakan penelitian  dengan desain cross-sectional. Data kepuasan pelanggan dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh pasien, sedangkan data sisa makan makan diperoleh dengan cara observasi menggunakan metode comstock. Pasien yang berpartisipasi dalan penelitian ini sebanyak 486. Rata rata sisa makan responden sebesar 24,64% dan hanya  8,74% pasien yang menghabiskan makanannya. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa kepuasan responden terhadap penampilan makanan (Pv=0,036; OR= 1,570) dan rasa makanan (Pv=0,009; OR=1,686) berhubungan dengan sisa makan. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi sisa makan adalah kepuasan terhadap rasa makanan (p-value=0,003 OR=1,785). Penyelenggaraan makanan rumah sakit  harus diperbaiki untuk memastikan pasien merasa puas dan menghabiskan makanannya.

Published
2020-02-28

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.