Pengaruh Kualitas Pelayanan Antenatal, Pengetahuan dan Dukungan Keluarga terhadap Minat Kunjungan Ulang Ibu Hamil
Abstract
Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih tinggi. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas berupa pelayanan antenatal. Ibu hamil dianjurkan melakukan kunjungan Antenatal Care (ANC) minimal empat kali selama kehamilan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, pengetahuan dan dukungan keluarga terhadap minat kunjungan ulang ibu hamil di Puskesmas Karangan tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode inferensial dengan pendekatan cross sectional (potong lintang). Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil yang terdata dari bulan April sampai bulan Desember tahun 2019 di Puskesmas Karangan berjumlah 494 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 83 responden. Metode analisis yang digunakan uji regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (p value = 0,000), pengetahuan (p value = 0,000), dan dukungan keluarga (p value = 0,000) berkorelasi terhadap minat kunjungan ulang ibu hamil di Puskesmas Karangan tahun 2019. Hasil analisis multivariat dengan uji regresi linier berganda juga menghasilkan bentuk persamaan regresi linier: Y=6,333+0,161X1+0,290X2+0,467X3. Nilai tersebut masing-masing bernilai positif yang menunjukkan bahwa hubungan antara semua variabel terhadap minat kunjungan ulang termasuk hubungan yang searah. Peneliti menyarankan kepada tenaga kesehatan untuk meningkatkan konseling dan edukasi yang intensif mengenai pentingnya pemeriksaan kehamilan selama kehamilan.