Hubungan Pengetahuan dan Pendidikan dengan Partisipasi Kader dalam Kelas Ibu Hamil

  • Nurhidayah Nurhidayah STIKes Mitra RIA Husada Jakarta
  • Yocki Yuanti
Keywords: Kader, Kelas ibu hamil, Partisipasi

Abstract

Kelas ibu hamil merupakan sarana belajar bersama tentang kesehatan untuk  ibu hamil dalam bentuk tatap muka. Tahapan penting dalam kelas ibu hamil  adalah sosialisasi, dimana  kader sangat berperan dalam sosialisasi tersebut sebagai salah satu elemen penting dalam masyarakat. Indikator penilaian kelas ibu hamil salah satunya adalah persentase partisipasi kader. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan  pengetahuan dan pendidikan dengan partisipasi kader dalam kelas ibu hamil. Metode yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh kader di Puskesmas Harjamukti sebanyak 160 orang dengan sampel 128 orang, yang dihitung mengunakan rumus Slovin. Data dianalisis mengunakan uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan (Pv=0,000; OR=14,375) dan pendidikan (Pv=0,000; OR=11,357) partisipasi kader dalam kelas ibu  hamil. Disarankan pada  tenaga kesehatan khusunya bidan untuk aktif melaksanakan sosialisasi kelas ibu hamil pada kader.

Published
2021-12-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.