Hubungan Pengetahuan dan Pendidikan dengan Partisipasi Kader dalam Kelas Ibu Hamil
Abstract
Kelas ibu hamil merupakan sarana belajar bersama tentang kesehatan untuk ibu hamil dalam bentuk tatap muka. Tahapan penting dalam kelas ibu hamil adalah sosialisasi, dimana kader sangat berperan dalam sosialisasi tersebut sebagai salah satu elemen penting dalam masyarakat. Indikator penilaian kelas ibu hamil salah satunya adalah persentase partisipasi kader. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan pendidikan dengan partisipasi kader dalam kelas ibu hamil. Metode yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh kader di Puskesmas Harjamukti sebanyak 160 orang dengan sampel 128 orang, yang dihitung mengunakan rumus Slovin. Data dianalisis mengunakan uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan (Pv=0,000; OR=14,375) dan pendidikan (Pv=0,000; OR=11,357) partisipasi kader dalam kelas ibu hamil. Disarankan pada tenaga kesehatan khusunya bidan untuk aktif melaksanakan sosialisasi kelas ibu hamil pada kader.