Determinan Minat Wanita Usia Subur dalam Melakukan Inspeksi Visual Asetat (IVA) Test
Abstract
Kesehatan wanita usia subur (WUS) merupakan hal yang penting untuk diprioritaskan. Kasus kejadian kanker pada WUS belakangan ini terus mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara media informasi, peran bidan, dukungan keluarga, pengetahuan dan motivasi diri terhadap minat WUS dalam Inspeksi Visual Asetat (IVA) Test. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain cross-setional. Sampel yang digunakan sebanyak 84 WUS di Puskesmas Beteleme sebagai responden. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) mengunakan SmartPLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemeriksaan IVA Test pada WUS di Puskesmas Beteleme dipengaruhi oleh media informasi sebesar 22,46 %, peran bidan 10,58 %, dukungan keluarga sebesar 21,21 %, pengetahuan sebesar 11,17 % dan motivasi diri sebesar 17,02 %. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan untuk meningkatkan penyediaan informasi-informasi tentang IVA-Test melalui leaflet, poster dan televisi.