Intervensi Perilaku Berbasis Sekolah Dasar Melalui Permainan Ular dan Tangga untuk Mengurangi Sampah
Abstract
Menjaga kebersihan lingkungan dapat ditanamkan sejak dini. Penyampaian promosi kesehatan dapat menggunakan media permainan, agar siswa dapat lebih mudah memahami dan tidak mengalami kebosanan. Media permainan yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan ular tangga. Tujuan dari peneltian ini untuk mengetahui adanya pengaruh permainan ular tangga terhadap perilaku siswa dalam membuang sampah. Metode penelitian adalah quasy experiment dengan one grup pretest post test. Populasi penelitian yaitu 2 sekolah, SDN Singaraja I&II dan SDN Singajaya I&II Indramayu sebanyak 239 siswa dan didapatkan responden sebanyak 207 siswa. Uji statistik dengan uji Wilcoxon Sign Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan perilaku siswa tentang membuang sampah melalui media permainan ular tangga dengan nilai Pv=0,000. Permainan ular tangga efektif sebagai media edukasi dalam mengubah perilaku siswa terhadap membuang sampah.