Pengaruh Peran Bidan, Peran Guru, Dukungan Keluarga dan Peran Kader terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah melalui Kegiatan Finger painting

  • Oktaviani Putri Yanti Zega Universitas Indonesia Maju
  • Sobar Darmadja Universitas Indonesia Maju
  • Astrid Novita Universitas Indonesia Maju
Keywords: bidan, finger painting, guru, kader, motorik halus

Abstract

Kegiatan Finger painting merupakan salah satu upaya untuk melatih motorik halus bagi anak untuk mengembangkkan potensinya, tetapi belum diketahui determinannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung serta besaran peran bidan, peran guru, dukungan keluarga dan peran kader terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah melalui kegiatan Finger painting di PAUD Bina Warga Curugrendeng Subang tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang menggunakan desain cross-setional. Jumlah respondennya sebanyak 75 anak prasekolah. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) mengunakan Smart PLS 2.0 dan SPSS 20. Hasil pengujian hipotesis dengan Structural Equation Model (SEM) dengan metode Smart PLS didapat temuan bahwa hasil Direct peran bidan 13,68%, peran kader 19,74%, dukungan keluarga 26,03%, peran guru 21,22% dengan total 80,67% dan Indirect sebesar 2,74%. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi perkembangan motorik halus anak prasekolah melalui kegiatan Finger painting adalah variabel dukungan keluarga. Dalam penelitian ini menyarankan untuk bidan dan kader memberikan pelayanan posyandu khususnya dalam pemantauan perkembangan motorik halus dengan tujuan penelitian yang fokus agar anak prasekolah dapat berkembang sesuai dengan usianya. Peneliti juga berharap guru dan orangtua atau pengasuh anak dapat memberikan kegiatan yang lebih kreatif agar tahap belajar dan berkembang anak menyenangkan dan anak dapat bebas berekpresi sesuai dengan usianya.

Published
2022-06-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.