Pengaruh Promosi Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Motivasi Bidan dan Peran Keluarga Terhadap Kepuasan Pelayanan Asuhan Pijat Bayi di Rumah Sakit Kartini Jakarta Tahun 2019

The Influence of Health Promotion, Service Quality, Midwife Motivation and Family Role on Satisfaction with Baby Massage Care Services at Kartini Hospital Jakarta in 2019

  • Gita Sugiastuti Universitas Indonesia Maju, Jakarta, Indonesia
  • Astrid Novita Universitas Indonesia Maju, Jakarta, Indonesia
Keywords: kepuasan pijat bayi, kualitas pelayanan, peran keluarga, promosi kesehatan, motivasi keluarga

Abstract

Keuntungan dari pijat bayi adalah menjalin kasih sayang dengan orang-orang terdekat yang memijat, memacu sistem sirkulasi darah, jantung, pernapasan, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh bayi dan anak, melatih bayi untuk lebih tenang dalam menghadapi stres, juga mendorong pertumbuhan susunan otot dan kelenturannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan, kualitas pelayanan, motivasi keluarga dan peran keluarga terhadap kepuasan pelayanan asuhan pijat bayi di Rumah Sakit Kartini Jakarta Tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional dengan sampel 85 responden ibu yang melahirkan dan melakukan pijat bayi di RS Kartini. Alat pengumpulan data adalah instrumen kuesioner dengan model pertanyaan tertutup. Sedang teknik analisis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi software smartPLS dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan nilai pengaruh langsung sebesar 25,96% untuk variabel promosi kesehatan, nilai sebesar 28,08% untuk variabel kualitas pelayanan, nilai sebesar 19,20% untuk variabel peran keluarga, dan 1,83% untuk variabel motivasi, sehingga total pengaruh langsung sebesar 76,01% dan total pengaruh tidak langsung sebesar 0,15% dengan keseluruhan pengaruh yang dihasilkan adalah sebesar 75,38%. Kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan Asuhan pijat bayi. Diharapkan RS Kartini dapat terus meningkatkan kualitas SDM dan mengedepankan sarana prasarana dalam pelayanan.

Published
2022-12-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.