Perbedaan Kadar Hormon Estradiol Berdasarkan Riwayat Penggunaan Kontrasepsi Oral Pada Wanita Kanker Payudara dan Tidak Kanker Payudara

  • Nirmala Sari Universitas Baiturrahmah
  • Daan Khambri Universitas Andalas
Keywords: estradiol, kanker payudara, kontrasepsi oral

Abstract

Secara nasional kejadian kanker payudara menduduki urutan pertama dalam 10 tahun terakhir sampai tahun 2016. Kadar estradiol yang tinggi dan paparan estrogen dalam waktu lama memiliki peran yang cukup tinggi, salah satunya penggunaan kontrasepsi oral. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kadar hormone estradiol berdasarkan riwayat penggunaan kontrasepsi oral pada wanita kanker payudara dan tidak kanker payudara.  Penelitian ini menggunakan metode case control dengan jumlah populasi 36 wanita postmenopause kanker payudara dan 36 wanita postmenopause tidak kanker payudara. Hasil penelitian didapatkan tidak terdapat hubungan signifikan antara riwayat penggunaan kontrasepsi oral dengan kadar hormone estradiol pada kelompok kanker payudara dan tidak kanker payudara. Penggunaan kontrasepsi oral sebaiknya dibawah pengawasan tenaga kesehatan, untuk meminimalisir risiko kanker payudara. Konseling pra pemilihan alat kontrasepsi harus dilakukan oleh tenaga kesehatan, sesuai dengan rencana strategis BKKBN dalam “Strategis Pelaksanaan Program Keluarga Berencana Berbasis Hak untuk Percepatan Akses terhadap Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi yang Terintegrasi dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Indonesia” yang salah satunya tentang tersedianya sistem penyediaan pelayanan KB yang merata dan berkualitas di sektor pemerintah dan swasta untuk menjamin agar setiap warga negara dapat memenuhi tujuan reproduksinya.

Published
2023-09-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.