Hubungan Antara Peran Petugas Kesehatan, Sumber Informasi, dan Peran Teman Sebaya terhadap Perilaku Pencegahan Prementruasi Syndrome pada Remaja Putri Kelas X di SMK N 1 Malingping Tahun 2022

  • Faradhita Dwi Lestari Universitas Indonesia Maju
  • Ageng Septa Rini Universitas Indonesia Maju
  • Astrid Novita Universitas Indonesia Maju
Keywords: perilaku, pencegahan, premenstrual syndrome, remaja

Abstract

Premenstrual Syndrome sering dianggap masalah pada remaja putri karena ketidakmampuan untuk aktifitas, dan kegagalan dalam ujian sekolah, sehingga prestasi belajar mereka dapat turun akibat sulit berkonsentrasi, bahkan mereka juga dapat menjadi mudah marah atau menangis dibanding hari biasanya. Maka dari itu prementruasl syndrome sangat penting untuk lebih diperhatikan agar kita dapat memonitor kondisi fisiologis pada mentruasi tersebut di masa remaja. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan antara peran tenaga kesehatan, sumber informasi dan peran teman sebaya terhadap perilaku pencegahan premenstrual syndrome pada remaja putri di SMK N 1 Malingping tahun 2022. Penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan rancangan study Cross Sectional. Dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simpel random sampling. Analisa data dilakukan dengan cara analisa univariat dan bivariat menggunakan uji Chi square. Ada hubungan antara peran tenaga kesehatan (P-value=0.000 dan OR=7.563), sumber informasi (P-value = 0.034 dan OR=3.077), dan peran teman sebaya (P-value=0.001 dan OR=6.027) terhadap perilaku pencegahan premenstrual syndrome pada remaja putri di SMK N 1 Malingping tahun 2022. Hubungan antara peran tenaga kesehatan, sumber informasi dan peran teman sebaya terhadap perilaku pencegahan premenstrual syndrome pada remaja putri di SMK N 1 Malingping tahun 2022. Bekerja sama dengan puskesmas maupun tenaga kesehatan setempat untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan kepada remaja putri sehingga dapat memberikan bekal dan pengetahuan mengenai kesehatan dan dapat termotivasi melaksanakan perilaku kesehatan yang baik.

Published
2023-06-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.