Hubungan Pengetahuan, Pola Menstruasi dan Aktivitas Fisik terhadap Dismenore pada Remaja Putri di SMP Kristen I Leihitu Barat Tahun 2022

  • Meisy Sipahelut Universitas Indonesia Maju, Jakarta, Indonesia
  • Retno Sugesti Universitas Indonesia Maju, Jakarta, Indonesia
  • Ratna Wulandari Universitas Indonesia Maju, Jakarta, Indonesia
Keywords: aktivitas fisik, dismenorhea, pengetahuan, pola menstruasi

Abstract

Dismenore adalah nyeri yang dirasakan sebelum atau saat menstruasi yang disebabkan oleh kejang otot uterus. Nyeri haid bukanlah penyakit melainkan gejala yang timbul akibat adanya kelainan pada organ panggul. Remaja wanita yang mengalami dismenorea paling sering terjadi pada usia 14-19 tahun. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dismenorhea adalah pengetahuan, pola menstruasi dan aktivitas fisik di dalam penanganan dismenorhea pada remaja putri di SMP I Kristen Leihitu barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan, pola menstruasi dan aktivitas fisik di dalam penanganan dismenorhea pada remaja putri di SMP Kristen I  Leihitu barat tahun 2022. Metode penelitian ini deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini yaitu ditujukan kepada remaja putri dengan masalah dismenorhea di SMP Kristen I  Leihitu barat tahun 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja putri dengan masalah dismenorhea sebanyak46 orang.Sampel diambil dengan metode Total Populasi Sampling.Metode analisis menggunakan Uji Chi Square  menggunakan SPSS versi 25.0dengan hasil statistic yaitu ada hubungan antara tingkat Penetahuan dengan penanganan dismenorhea (P Value 0,002), tidak ada hubungan antara Pola Menstruasi dengan penanganan Dismenorhea diamana berdasarkan usia menstruasi (P Value 0,217),Siklus menstruasi (P Value 0,627),lama menstruasi (P Value0,195), dan variabel aktivitas fisik didapatkan tidak ada hubungan aktivitas fisik terhadap penanganan dismenorhea(P Value 0,195). Kesimpulan ada hubungan yang signifikan antaraPengetahuan terhadap penanganan Dismenorhea, tidak ada hubungan antara Pola Menstruasi Terhadap penanganan dismenorhea dan tidak ada hubungan antara aktivitas fisik terhadap penaganan dismenorhea. Saran diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti variabel-variabel lain yang berhubungan dengan penanganan dismenorhea ini.

Published
2023-06-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.