Hubungan Sikap Ibu, Dukungan Keluarga dan Sosial Budaya Dengan Pemberian Makanan Pendamping Asi (MPASI) Dini pada Bayi di Desa Cicadas Kabupaten Bogor Tahun 2022

  • Arin Miftakhul Janah Universitas Indonesia Maju, Jakarta, Indonesia
  • Ageng Septa Rini Universitas Indonesia Maju, Jakarta, Indonesia
  • Irma Jayatmi Universitas Indonesia Maju, Jakarta, Indonesia
Keywords: dukungan, mpasi, sikap, sosial budaya

Abstract

MP-ASI adalah makanan atau minuman yang mengandung zat gizi, diberikan kepada bayi atau anak usia 6- 24 bulan guna me¬menuhi kebutuhan zat gizi selain dari ASI. Tujuan Pemberian MP-ASI dini adalah pemberian makanan atau minuman tambahan pada saat bayi berusia < 6 bulan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Sikap Ibu, Dukungan Keluarga dan Sosial Budaya dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dini Pada Bayi di Desa Cicadas Kabupaten Bogor Tahun 2022. Metode dalam penelitian ini jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan penelitian deskriptif analitik dan menggunakan desain Cross Sectional, dimana penelitian dilakukan pada saat pengambilan data antara variabel independen dengan variabel dependen yang dilakukan secara bersama-sama pada waktu yang sama, sampel pada penelitian ini 58 responden, telah dilakukan uji Validitas dan keseluruhan instrumen yang digunakan adalah Valid. Hasil Terdapat hubungan Sikap Ibu dengan pemberian Mpasi Dini Pada Bayi di Desa Cicadas Kabupaten Bogor  Tahun 2022, dengan nilai P-Value 0,025 dan Nilai OR 4.000, terdapat hubungan dukungan keluarga dengan pemberian Mpasi Dini Pada Bayi di Desa Cicadas Kabupaten Bogor Tahun 2022, dengan nilai P-Value 0,001 dan Nilai OR 8.867, terdapat hubungan sosial budaya dengan pemberian Mpasi Dini Pada Bayi di Desa Cicadas Kabupaten Bogor Tahun 2022 dengan nilai P-Value 0,009 dan Nilai OR 5.078. Kesimpulan diharapkan bidan dapat mengajarkan secara langsung dan benar kepada untuk pemberian Mpasi yang tepat sesuai usia bayi. Dukungan Keluarga sangat berpengaruh dan sangat diperlukan untuk Ibu dalam kesiapan pemberian Mpasi, maka diharapkan keluarga memberikan dukungan informasi, dukungan emosional dan dukungan instrumental.

Published
2023-06-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.