Kualitas Pelayanan Publik Program Homecare di Kota Serang
Public Service Quality of Homecare Program in Serang City
Abstract
Tujuan kualitas pelayanan publik melalui program Homecare adalah untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan publik kepada masyarakat, khususnya bagi kelompok rentan yang kesulitan dalam mengakses layanan publik secara konvensional di Kota Serang. Dengan adanya program Homecare, diharapkan masyarakat dapat memperoleh layanan publik yang lebih efektif, efisien, dan berkualitas, serta dapat mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan untuk mengakses layanan publik. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien puskesmas di Kota Serang yang butuh perawatan homecare pada periode Januari – Juni 2023 sebanyak 165 pasien yang tersebar di beberapa puskesmas Kota Serang. Berdasarkan perhitungan kelayakan sampel tersebut, maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 35 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling. Dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik pada program homecare memiliki beberapa dimensi, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy