Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Pendamping Asi Pada Bayi 6-12 Bulan Di Rt 01 & 02 Rw 03 Kelurahan Harapan Jaya Kecamatan Bekasi Utara Tahun 2019

  • Desi Nurlaela Mulyana STIKes Prima Indonesia
  • Keren Maulida STIKes Prima Indonesia
Keywords: makanan pendamping ASI, pengetahuan

Abstract

Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) adalah makanan tambahan yang diberikan kepada bayi atau anak disamping ASI untuk memenuhi kebutuhan gizinya dan diberikan mulai usia 6-24 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pengetahuan ibu dalam memberikan makanan pendamping ASI. Desain penelitian ini cross sectional dengan teknik pengambilan data accidental sampling, menggunakan instrument berupa kuesioner, jumlah sampel 63 responden. Analisa data yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji chi square pada tingkat kemaknaan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 63 responden ibu yang memiliki pengetahuan kurang tertinggi sebanyak 27 orang (42,9 %) dan nilai terendah yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 14 orang (22,2%). Nilai tertinggi Ibu yang berumur 20-35 tahun sebanyak 31 orang (49,2%). Ibu yang berpendidikan menengah sebanyak 33 orang (52,4%). Nilai tertinggi ibu tidak bekerja sebanyak 38 orang (60,3%) .Nilai tertinggi ibu multipara sebanyak 29 orang (46,0%).  Dan nilai tertinggi ibu yang mendapat informasi dari non media masa sebanyak 36 orang (57,1%).Hasil analisa data didapatkan hasil bahwa variabel yang berhubungan dengan pengetahuan ibu dalam memberikan MPASI adalah: pengetahuan ibu terhadap pekerjaan (p=0,043) dan pengetahuan ibu terhadap sumber informasi (p=0,049). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan pengetahuan ibu terhadap MPASI adalah: umur (p=0,766), pendidikan (p=12,282), dan paritas (p=3,243).Saran untuk meningkatkan program komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) Khususnya tentang makanan pendamping ASI pada ibu-ibu hamil maupun ibu yang mempunyai bayi berumur dibawah 1 tahun.

Published
2019-09-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.