Efektifitas Penggunaan Buku Bergambar dan Lagu untuk Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak Usia 4 – 6 Tahun
Abstract
Anak merupakan generasi penerus bangsa yang dinantikan dalam setiap keluarga dalam memberikan kebahagian kepada orang tua. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Efektivitas penggunaan buku bergambar dan lagu cegah seksual untuk mencegah kekerasan seksual pada anak usia 4-6 tahun di RW 12 Perumahan D’Palm Residence, Depok Tahun 2020. Penelitian ini dilakukan karena di dapatkan data masih tinggi kejadian korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh guru maupun orang terdekat dari anak.. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment design dengan bentuk case control pretest-posttest design. Total Sampel pada penelitian ini sebanyak 18 anak dengan 9 orang untuk kelompok dengan perlakuan buku bergambar dan 9 orang untuk kelompok dengan perlakuan lagu cegah seksual online (mp4). Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil uji statistik pada penggunaan buku bergambar didapatkan p-value sebesar 0,000 (p-value < 0,05), dan pada penggunaan lagu cegah seksual didapatkan p-value sebesar 0,009 (p-value < 0,05), maka dapat disimpulkan penggunaan buku bergambar dan lagu cegah seksual terdapat efektivitas dalam meningkatkan pengetahuan anak untuk mencegah kekerasan seksual. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai –t hitung < -t table ( -0,418 < 2,119) artinya ada perbedaan efektivitas penggunaan buku bergambar dengan lagu cegah seksual. Nilai t hitung negatif berarti penggunaan buku bergambar lebih rendah efektivitasnya daripada penggunaan lagu cegah seksual. Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan buku bergambar dan lagu cegah seksual memiliki efektivitas yang baik untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi dasar bagi petugas kesehatan dan orang tua dalam memperkenalkan pendidikan seksual secara dini untuk mencegah kekerasan seksual dengan metode buku bergambar dan lagu.