Pendidikan Kesehatan Pada Orangtua Dan Guru Terhadap Penanganan Anak Tantrum TKA-TPA Wilayah Lenteng Agung

Health Education for Parents and Teachers on Handling Tantrums in Preschoolers in the Lenteng Agung Area

  • Eka Rokhmiati STIKes Indonesia Maju
  • Hari Ghanesia STIKes Indonesia Maju
Keywords: Pendidikan Kesehatan, Orangtua, Guru,, Tantrum

Abstract

Tantrum pada anak merupakan cara anak mengekspresikan perasaannya. Hal ini dikarenakan anak belum dapat mengkomunikasikan dengan baik. Tantrum seringkali terjadi pada anak usia toddler hingga prasekolah, yaitu pada usia 3-6 tahun.  Pengabdian masyarakat diberikan pada orangtua dan guru dengan melakukan Pendidikan kesehatan cara penanganan anak tantrum. Kusioner merupakan alat evaluasi terhadap perubahan pengetahuan setelah dilakukan pendidikan kesehatan pada orangtua dan guru. Menunjukan 43% terdapat peningkatan pengetahuan setelah dilakukan pendidikan kesehatan. Ada peningkatan  Pengetahuan orangtua dan guru mengenai cara menangani  anak tantrum.

References

Daniels E, Practitioner NN, Mandleco B, Luthy KE, Assistant FNP. Assessment , management , and prevention of childhood temper tantrums. 2012;

Sample C, Carlson GA, Danzig AP, Dougherty LR, Bufferd SJ, Klein DN. Loss of Temper and Irritability : The Relationship to Tantrums in a Community. 2016;26(2):114–22.

Fetsch RJ, Jacobson B. Children ’ s Anger and Tantrums. 2013;(10):13–5.

Rahayuningsih. Strategi Ibu Mengatasi Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Usia Toddler Di Rumah Susun Keudah Kota Banda Aceh. Idea Nurs J. 2014;5(1).

Zuhroh DF, Kamilah K. Hubungan Karakteristik Anak dan Ibu Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah. Indones J Prof Nurs. 2021;1(2):24.

Sapta J, No M, Kabupaten C, Lebong R, Anak A, Perbelanjaan P, et al. The relationship Of Mother’s Of Knowladge On The Incidence Of Temper Tantrums In Toddlers. 2015;1–8.

Vivin Silfiana DIE. Hubungan karakteristik Dan Pengetahuan Dengan Mekanisme Koping Orang Tua Menghadapi Temper Tantrum. ISSN 264-6191-3632 Carolus J NursingJurnal Online Int Nas [Internet]. 2020;3(9):1689–99. Tersedia pada: www.journal.uta45jakarta.ac.id

Rokhmiati E, Ghanesia H. Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah. J Keperawatan dan Kesehat Masy Cendekia Utama. 2019;8(1):92.

State K. Knowledge Regarding School Phobia Among Parents Of Children In Selected Wards Of Nayarambalam Panchayat ,. 2017;4(05):110–5.

Sjuts TM. Supporting Positive Parent-Toddler Relationships and Reducing Toddler Tantrums : Evaluation of. 2014;

Anak P, Toddler U, Paud DI, Bukittinggi K. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Temper Tantrum Pada Anak Usia Toddler Di Paud Kota Bukittinggi Arya Ramadia. 2018;Xii(7):7–15.

Yulia R, Suryana D, Safrizal S. Manipulatif Tantrum: Strategi untuk Mewujudkan Keinginan Anak. Golden Age J Ilm Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 2021;6(1):1–10.

Gasril P, Yarnita Y. Deskripsi Pola Asuh Orang Tua Yang Menyebabkan Temper Tantrum Di Taman Kanak-Kanak Pembina Kota Pekanbaru. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2021;21(1):18.

Setyarini Any MM dan margawati A. Pengaruh Pemberian Asi Ekslusif Dan Non Ekslusif Terhadap Mental Anak Usia 3- Tahun. 2015;3(1):36–41.

Yiw’Wiyouf R, Ismanto A, Babakal A. Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Islamic Center Manado. J Keperawatan UNSRAT. 2017;5(1):110265.

Published
2021-08-31